IMPLEMENTASI WHOLE LINGUISTIC DALAM PERMAINAN MEMBACA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA DINI (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas Di TK Pertiwi Munggur, Boyolali)

Ekawati, Dian (2011) IMPLEMENTASI WHOLE LINGUISTIC DALAM PERMAINAN MEMBACA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA DINI (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas Di TK Pertiwi Munggur, Boyolali). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (73kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (673kB)

Abstract

Penguasaan bahasa anak usia dini perlu ditingkatkan, oleh karena itu pembelajaran harus menarik dan menyenangkan. Salah satu cara untuk meningkatkan penguasaan bahasa anak usia dini adalah dengan permainan membaca Whole Linguistic. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penguasaan bahasa anak usia dini melalui pembelajaran dengan permainan membaca Whole Linguistic . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B di TK Pertiwi Munggur Boyolali tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas, dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi, test, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif model alur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan penguasaan membaca anak melalui pembelajaran dengan permainan membaca Whole Linguistic yakni sebelum tindakan 23 %, siklus I mencapai 49.5 %, dan siklus II mencapai 89.5 %. Pembelajaran dengan permainan membaca Whole Linguistic juga didukung oleh metode lain yakni pemberian tugas dan permainan. Metode ini mempunyai peranan yang cukup penting dalam peningkatan penguasaan bahasa anak karena dapat membantu meminimalkan permasalahan yang dihadapi pada saat pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah permaianan membaca dapat meningkatkan penguasaan membaca anak usia dini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: whole linguistic permainan membaca, membaca
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Aug 2011 07:28
Last Modified: 16 Aug 2011 07:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14134

Actions (login required)

View Item View Item