UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA MELALUI METODE BERCAKAP-CAKAP ANAK KELOMPOK A DI BA AISYIYAH MENURAN, BAKI, SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011

Rochimah, Nurul (2011) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA MELALUI METODE BERCAKAP-CAKAP ANAK KELOMPOK A DI BA AISYIYAH MENURAN, BAKI, SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (107kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB__1.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB__2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB__3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB__4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB__5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbahasa anak melalui metode bercakap-cakap. Kemampuan berbahasa perlu ditingkatkan, sebab bahasa memberikan sumbangan yang besar dalam perkembangan anak. Dengan menggunakan bahasa, anak akan tumbuh dan berkembang menjadi manusia dewasa yang dapat bergaul di tengah-tengah masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK), subjek penelitian dan informan dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik kelompok A di BA Aisyiyah Menuran, Baki, Sukoharjo tahun ajaran 2010/ 2011. Tehnik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan catatan lapangan. Data yang digunakan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbahasa melalui observasi, sedangkan pembelajaran guru dengan metode wawancara, observasi, catatan lapangan serta dokumentasi. Tehnik analisis komparatif yaitu membandingkan kemampuan anak dari hasil penelitian dengan indikator pencapaian/kinerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kemampuan berbahasa anak didik sebelum tindakan sampai dengan siklus III menunjukkan peningkatan. Sebelum tindakan 42,92%, siklus I mencapai 60,14%, siklus II mencapai 70,14%, dan siklus III mencapai 83,06%. Berdasarkan analisis dapat diketahui bahwa penggunaan metode bercakap-cakap dapat meningkatkan kemampuan berbahasa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berbahasa, Metode bercakap-cakap
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Aug 2011 06:00
Last Modified: 16 Aug 2011 06:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14126

Actions (login required)

View Item View Item