PENERAPAN METODE PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK MATERI FOTOSINTESIS DENGAN MEDIA RIIL PADA SISWA KELAS VIII G SMP NEGERI 2 GATAK SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011

SEPTIANI, DWI PUTRI (2011) PENERAPAN METODE PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK MATERI FOTOSINTESIS DENGAN MEDIA RIIL PADA SISWA KELAS VIII G SMP NEGERI 2 GATAK SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (369kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (147kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (83kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (558kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Biologi pada pokok materi Fotosintesis siswa kelas VIII G SMP Negeri 2 Gatak dengan menerapkan metode praktikum. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi dengan menggunakan metode yang dilaksanakan dalam dua siklus. Analisis data dari penelitian ini adalah dengan cara diskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus 1 sampai dengan siklus II dilengkapi dengan analisis rata-rata nilai kognitif , afektif dan psikomotorik. Hasil penelitian tindakan kelas adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa baik dalam aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik dilihat dari aspek kognitif banyaknya siswa yang memperoleh nilai  65 sebelum tindakan sebanyak 20 siswa (54%), pada siklus 1 yaitu 28 siswa (75,67%) dan pada siklus II mencapai 37 siswa (100%). Dilihat dari aspek afektif sebesar 23,62 (cukup berminat) pada siklus I dan meningkat hingga 30,78 (berminat) pada siklus II. Dari aspek psikomotorik sebesar 15,49 (cukup berminat) pada siklus 1 dan meningkat hingga 17,19 (berminat) pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa menggunakan metode praktikum dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VIII G SMP Negeri 2 Gatak tahun ajaran 2010/2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Praktikum, hasil belajar, fotosintesis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 16 Aug 2011 04:27
Last Modified: 16 Aug 2011 04:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14113

Actions (login required)

View Item View Item