PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH (ICM) DENGAN MEDIA CHARTA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA POKOK MATERI EKOSISTEM KELAS VII C SMP NEGERI 3 COLOMADU TAHUN AJARAN 2010/2011

MUKHLIS, ADE (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH (ICM) DENGAN MEDIA CHARTA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA POKOK MATERI EKOSISTEM KELAS VII C SMP NEGERI 3 COLOMADU TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (274kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
03._BAB_I.pdf

Download (262kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (213kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran kelas VII C SMP Negeri 3 Colomadu yang terdapat kelemahan, antara lain: kurangnya keaktifan siswa, pemahaman, motivasi, pemanfaatan media, dan hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar biologi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa kelas VII C SMP Negeri 3 Colomadu tahun ajaran 2010/2011 dengan penerapan Strategi pembelajaran Index Card Match dengan media Charta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan analisis data deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari hasil belajar aspek kognitif mata pelajaran biologi, pengamatan sikap siswa selama proses pembelajaran (aspek afektif) dan keterampilan siswa dalam menggambar, menunjukan letak gambar, menjelaskan gambar, dan estetika menggambar (aspek psikomotorik). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar di setiap siklus. Rerata kelas hasil belajar aspek kognitif siklus I sebesar 73,13 dengan prosentase ketuntasan 62,52%, siklus II sebesar 82,34 dengan prosentase ketuntasan 90,61%, siklus III sebesar 91,09 dengan prosentase ketuntasan 96,88%. Rerata prosentase kelas hasil belajar aspek afektif siklus I sebesar 77,35%, siklus II sebesar 100%, siklus III sebesar 99,22%. Hasil belajar aspek afektif pada siklus III menurun dikarenakan ada kondisi siswa yang kurang sehat. Rerata prosentase kelas hasil belajar aspek psikomotorik siklus I sebesar 49,23%, siklus II sebesar 100%, siklus III sebesar 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Index Card Match dengan Charta dapat meningkatkan hasil belajar aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik pokok materi ekosistem (biologi) siswa kelas VII C SMP Negeri 3 Colomadu tahun ajaran 2010/2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik, Index Card Match, Charta, Ekosistem.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 16 Aug 2011 03:27
Last Modified: 16 Aug 2011 03:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14110

Actions (login required)

View Item View Item