PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) MELALUI PENELITIAN TINDAKAN KELAS

FATIMAH, DEWI (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) MELALUI PENELITIAN TINDAKAN KELAS. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (128kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (42kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (58kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_TOTAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (755kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Biologi siswa pada pokok bahasan ekosistem dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas VIIE SMP Negeri 3 Delanggu Klaten Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan analisis data statistic sederhana dan deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus II. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil belajar (aspek kognitif) mata pelajaran Biologi, pengamatan sikap siswa selama proses pembelajaran Biologi berlangsung (aspek afektif) antara peneliti dengan kolaborator dan (aspek psikomotorik) merupakan penilaian keterampilan motorik. Penelitian ini diawali dengan menyampaikan materi pada pokok bahasan ekosistem yang dilanjutkan dengan diskusi dan diakhiri dengan kesimpulan dan post test pada setiap siklusnya. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktifitas dan hasil belajar siswa. Dari hasil pembahasan dapat dinyatakan bahwa prosentase ketuntasan belajar siswa pada siklus II lebih tinggi dari pada siklus I, baik dilihat dari segi aspek kognitif (94,74 > 55,26), aspek afektif (93,42 > 63,16), dan aspek psikomotorik (90,13 > 61,84). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar biologi pada siswa kelas VIIE SMP Negeri 3 Delanggu Klaten Tahun Ajaran 2010/2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Numbered Heads Together (NHT), Hasil Belajar, Ekosistem
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 16 Aug 2011 03:04
Last Modified: 16 Aug 2011 03:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14108

Actions (login required)

View Item View Item