PENERAPAN STRATEGI GALLERY OF LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP PADA SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 3 SAWIT BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011

Kinanthi, Kinanthi (2011) PENERAPAN STRATEGI GALLERY OF LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP PADA SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 3 SAWIT BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (208kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (145kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (112kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan : hasil belajar biologi siswa kelas VII D SMP 3 Sawit pada materi Keaneragaman Makhluk Hidup sub materi Plantae, Tahun Ajaran 2010/2011 dengan menerapkan strategi pembelajaran gallery of learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, dan evaluasi dengan menggunakan strategi pembelajaran gallery of learning yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus II melalui tiga tahapan yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tindakan kelas adalah : 1) Peningkatan kualitas proses dalam keterlibatan siswa pada siklus II mencapai 76,11% dan suasana kelas pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung mencapai 93,33%, 2) Peningkatan hasil belajar siswa, banyaknya siswa yang memperoleh nilai ≥ 65 sebelum tindakan sebanyak 7 siswa (23,33%), dan mencapai 28 siswa (93,33%) pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa: Penerapan strategi pembelajaran gallery of learning dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar biologi siswa kelas VII D SMP 3 Sawit tahun ajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kualitas proses, hasil belajar, gallery of laerning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Aug 2011 10:05
Last Modified: 15 Aug 2011 10:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14100

Actions (login required)

View Item View Item