MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN PEMBELAJARAN QUESTIONS STUDENTS HAVE PADA SISWA KELAS VII SMP AL-ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2007/2008

Krisdian , Ully (2008) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN PEMBELAJARAN QUESTIONS STUDENTS HAVE PADA SISWA KELAS VII SMP AL-ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A420030041.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)

Abstract

Penggunaan metode Questions Students Have adalah sebagai variasi metode pembelajaran yang dimaksudkan untuk menggairahkan belajar siswa dan siswa akan lebih berperan aktif dalam mengikuti pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk peningkatan hasil belajar Biologi pada siswa kelas VII SMP AL-ISLAM 1 Surakarta tahun pelajaran 2007/2008 dengan pembelajaran metode Questions Students Have. Penelitian ini mengambil lokasi di kelas VII SMP AL-ISLAM 1 Surakarta. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP AL-ISLAM 1 Surakarta tahun pelajaran 2007/2008 yang terdiri 8 kelas, yaitu kelas VII A sampai kelas VII H. Sampel yang diambil adalah 40 orang siswa yang berasal dari satu kelas yaitu kelas VII C. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Data yang diperlukan diperoleh tes dengan soal yang terdiri dari 6 pertanyaan yang terbagi dalam siklus I, siklus II, dan siklus III. Soal tes yang digunakan diuji dengan uji validitas dengan rumus korelasi Product Moment dan diuji reliabilitas dengan rumus Alpha. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar biologi setelah pembelajaran dengan strategi Questions Students Have pada siswa kelas VII SMP AL-ISLAM 1 Surakarta tahun ajaran 2007/2008. Rata-rata hasil belajar post test II (60,50) menunjukkan adanya peningkatan dibandingkan hasil post test I (42,75). Selanjutnya rata-rata hasil belajar pada post test III mencapai nilai tertinggi yaitu sebesar (80,75). Peningkatan hasil belajar ini menunjukkan bahwa strategi Questions Students Have efektif dalam meningkatkan hasil belajar biologi siswa

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran, Questions Students Have, hasil belajar Biologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Jul 2008 06:43
Last Modified: 01 Feb 2011 06:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/141

Actions (login required)

View Item View Item