PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS – ACHIEVEMENT DIVISIONS) DAN KREATIVITAS SISWA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN AKUNTANSI PADA KELAS XI SMK N 1 KARANGANYAR TAHUN 2011/2012

Handayani, Sri (2011) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS – ACHIEVEMENT DIVISIONS) DAN KREATIVITAS SISWA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN AKUNTANSI PADA KELAS XI SMK N 1 KARANGANYAR TAHUN 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
SRI_HANDAYANI_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (310kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
SRI_HANDAYANI-1.pdf

Download (171kB)
[img] PDF (Bab II)
SRI_HANDAYANI-2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] PDF (Bab III)
SRI_HANDAYANI-3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] PDF (Bab IV)
SRI_HANDAYANI-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] PDF (Bab V)
SRI_HANDAYANI-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
SRI_HANDAYANI-DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (105kB)
[img] PDF (Lampiran)
SRI_HANDAYANI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dimana masing- masing dilalui dengan empat tahap yaitu: 1). Perencanaan Tindakan, 2). Pelaksanaan Tindakan, 3). Observasi Tindakan, dan 4). Refleksi Tindakan. Obyek penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Jurusan Akuntansi SMK N 1 Karanganyar Tahun Ajaran 2011/2012 sebanyak 35 siswa. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaborasi bersama dengan guru mata pelajaran akuntansi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan lembar observasi, wawancara, catatan lapangan, dokumentasi, dan test. Tehnik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dan Kreativitas Siswa dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran akuntansi pada siswa kelas XI Jurusan Akuntansi Tahun Ajaran 2011/2012. Sebelum diberikan tindakan hasil belajar siswa kurang yaitu meliputi kemampuan siswa dalam bekerjasama dan berinteraksi dengan teman lainnya dalam kelompok, keberanian siswa dalam bertanya dan mengeluarkan pendapat atau ide, kemampuan siswa dalam mengerjakan tes secara individual, nilai hasil siswa atau individu≤75. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dan Kreativitas Siswa. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan melalui dua tahap yaitu siklus I dan Siklus II hasil belajar siswa dapat meningkat karena siswa dapat terlibat langsung secara aktif dalam penerapan metode yang digunakan. Dari kelebihan metode STAD tersebut siswa dapat memunculkan pertanyaan- pertanyaan, ide- ide baru serta siswa mampu menjawab pertanyaan dalam proses pembelajaran. Hal tersebut didukung oleh fakta- fakta sebagai berikut: (1). Hasil belajar siswa sebelum diadakan tindakan (29,52%), setelah diadakan siklus putaran I meningkat menjadi (53,57%), dan meningkat menjadi (78,57%) pada siklus putaran II.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dan Kreativitas Siswa, hasil belajar siswa, akuntansi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Aug 2011 09:48
Last Modified: 15 Aug 2011 09:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14098

Actions (login required)

View Item View Item