PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KOMPETENSI MENGAJAR DOSEN DAN INTENSITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN LANJUT 1 PADA MAHASISWA FKIP UMS PROGDI PENDIDIKAN AKUNTANSI ANGKATAN 2008/2009

Setiawati, Heny (2011) PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KOMPETENSI MENGAJAR DOSEN DAN INTENSITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN LANJUT 1 PADA MAHASISWA FKIP UMS PROGDI PENDIDIKAN AKUNTANSI ANGKATAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (79kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Appendix)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi mahasiswa tentang kompetensi mengajar dosen dan intensitas belajar terhadap hasil belajar akuntansi keuangan lanjut 1 pada mahasiswa FKIP UMS progdi pendidikan akuntansi angkatan 2008/2009. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Akuntansi UMS angkatan 2008/2009 yang berjumlah 182 mahasiswa. Sampel dalam penelitian adalah sebanyak 119 mahasiswa yang diambil dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode angket sebelumnya telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear ganda, uji t, uji F, sumbangan efektif dan sumbangan relatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda sebagai berikut Y = 19.258 + 0.143.X1 + 0.152.X2, artinya hasil belajar mahasiswa dipengaruhi oleh persepsi mahasiswa tentang kompetensi mengajar dosen dan intensitas belajar. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) Persepsi mahasiswa tentang kompetensi mengajar dosen berpengaruh positif terhadap hasil belajar mahasiswa. Hal ini terbukti berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa variabel persepsi mahasiswa tentang kompetensi mengajar dosen memiliki nilai probabilitas sebesar 0,037 sehingga (p) < 0.05 atau 0,037 < 0.05. (2) Intensitas belajar berpengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa. Hal ini terbukti berdasarkan hasil uji t untuk variabel intensitas belajar memiliki nilai probabilitas sebesar 0,009 sehingga (p) < 0.05 atau 0,009 < 0.05. (3) Persepsi mahasiswa tentang kompetensi mengajar dosen dan intensitas belajar secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap hasil belajar mahasiswa. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh nilai probabilitas sebesar 0,000 lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,05). Hasil perhitungan sumbangan efektif untuk variabel persepsi mahasiswa tentang kompetensi mengajar dosen terhadap hasil belajar mahasiswa sebesar 6,78%, dan variabel intensitas belajar terhadap hasil belajar sebesar 7,02%. Hasil perhitungan untuk nilai R2 sebesar 0.138, berarti 13.8% hasil belajar mahasiswa dipengaruhi oleh variabel persepsi mahasiswa tentang kompetensi mengajar dosen dan intensitas belajar, sisanya sebesar 86.2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ikut dalam penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: persepsi mahasiswa tentang kompetensi mengajar dosen, intensitas belajar, dan hasil belajar mahasiswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Aug 2011 09:12
Last Modified: 15 Aug 2011 09:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14093

Actions (login required)

View Item View Item