PENERAPAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHITUNG PECAHAN PADA SISWA KELAS V SDN 01 MACANAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011

SUPARTI, SUPARTI (2011) PENERAPAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHITUNG PECAHAN PADA SISWA KELAS V SDN 01 MACANAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (127kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (144kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (749kB)

Abstract

Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Tujuan penelitian yang akan dicapai adalah: 1. Mengetahui peningkatan keaktifan siswa saat pembelajaran matematika penerapan metode Numbered Heads Together, 2. Mengetahui peningkatan kemampuan menghitung pecahan dengan penerapan metode Numbered Heads Together pada siswa kelas V SDN 01 Macanan tahun pelajaran 2010/2011. Pengumpulan data menggunakan metode pokok observasi langsung, dokumentasi, dan tes. Metode observasi langsung digunakan untuk mengetahui tingkat keaktifan dan peran serta siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika dengan penerapan metode Numbered Heads Together. Metode tes digunakan untuk mengukur kemampuan siswa dalam menghitung pecahan. Dalam proses analisis data, kegiatan pokok analisis meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/ verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa: Prosentase keaktifan siswa pada siklus I menunjukkan angka 43,33% (13 siswa dari jumlah 30 siswa aktif saat pembelajaran) dan pada siklus II prosentase keaktifan siswa sebesar 73,33%. Dengan demikian terdapat peningkatan keaktifan siswa dari siklus I ke siklus II. Rata-rata nilai matematika hasil kuis individual pada siklus I sebesar 60,37 dan pada siklus II sebesar 69,90. Sehingga terdapat kenaikan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II. Prosentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I menunjukkan angka sebesar 63,33% dan pada siklus II prosentase ketuntasan sebesar 80%. Dengan demikian terdapat peningkatan ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Numbered Heads Together pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan menghitung pecahan pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 01 Macanan Kecamatan kebakkramat Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2010/2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan menghitung, pecahan, NHT
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 15 Aug 2011 08:15
Last Modified: 15 Aug 2011 08:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14087

Actions (login required)

View Item View Item