UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DENGAN METODE PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 NGABEYAN KARTASURA TAHUN 2010 / 2011

LUBIS, FUAT KHAMDANI (2011) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DENGAN METODE PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 NGABEYAN KARTASURA TAHUN 2010 / 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (153kB)
[img]
Preview
PDF
03._BAB_I.pdf

Download (83kB)
[img] PDF
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] PDF
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] PDF
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)
[img] PDF
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img]
Preview
PDF
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (48kB)
[img] PDF
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA tentang Sumber energi dan bunyi melalui model pembelajaran kooperatif dengan metode pembelajaran penemuan (discovery) pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Ngabeyan Kartasura. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Ngabeyan Kartasura dengan jumlah siswa sebanyak 28 siswa. Metode pengumpulan data mengunakan metode observasi partisipasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan penguasaan materi pelajaran siswa dalam pembelajaran IPA pada pokok bahasan Sumber energi dan bunyi. Hal ini dapat dilihat dari 1) kesiapan mengikuti pelajaran sebelum diadakan tindakan sebesar 60,71 % di akhir putaran mencapai 96,43 %, 2) memperhatikan penjelasan guru sebelum diadakan tindakan sebesar 67,86 %, di akhir putaran mencapai 92,86 %, serta 3) mengerjakan soal latihan guru sebelum diadakan tindakan sebesar 64,29 %, pada di akhir putaran mencapai 96,43 %. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya hasil belajar IPA siswa. Sebelum diberikan tindakan kelas, hasil belajar siswa hanya mencapai daya serap 46,43 %, sedangkan di akhir tindakan hasil belajar siswa mencapai daya serap 100 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode pembelajaran penemuan (discovery) dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran kooperatif, metode pembelajaran penemuan (discovery),IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 15 Aug 2011 08:02
Last Modified: 15 Aug 2011 08:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14086

Actions (login required)

View Item View Item