PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIDATO DAN EFIKASI DIRI DENGAN METODE PBL (PROBLEM BASED LEARNING) PADA SISWA KELAS X TKJ-B (TEKNIK KOMPUTER JARINGAN) SMK MUHAMMADIYAH 3 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

KRISTINI, RIA (2011) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIDATO DAN EFIKASI DIRI DENGAN METODE PBL (PROBLEM BASED LEARNING) PADA SISWA KELAS X TKJ-B (TEKNIK KOMPUTER JARINGAN) SMK MUHAMMADIYAH 3 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (106kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf

Download (49kB)
[img] PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (40kB)
[img] PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan keterampilan berpidato dan efikasi diri siswa kelas X TKJ B SMK Muhammadiyah 3 Surakarta tahun pelajaran 2010/2011 setelah diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau classroom action. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas X TKJB SMK Muhammadiyah 3 Surakarta, sedangkan data dalam penelitian ini adalah data observasi berupa aktivitas siswa dan guru dalam pembelajaran berpidato, nilai berpidato siswa, angket dan hasil wawancara. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini terdiri dari tiga kegiatan, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dari prasiklus sampai dengan siklus III dilengkapi dengan hasil analisis hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran enggunakan metode Problem Based Learning mampu meningkatkan keterampilan berpidato dan efikasi diri siswa. Keterampilan berpidato pada siswa mengalami peningkatan. Peningkatan dengan rata-rata pada siklus I 58,7, siklus II 64,4, dan siklus III 69,3. Ada keterkaitan antara siswa yang berani tampil berpidato dengan efikasi diri siswa. Keterkaitan tersebut sebesar 61,5%. Jika keterampilan berpidato siswa tinggi, efikasi diri siswa juga tinggi. Sebaliknya, jika keterampilan berpidato siswa rendah, efikasi diri siswa juga rendah. Kegiatan pembelajaran berpidato dengan metode PBL mengalami peningkatan pada aspek keseriusan dan keaktifan siswa. Peningkatan aspek keseriusan pada prasiklus 26,4%, siklus I 32,4%, siklus II 56,2%, dan siklus III 80,5%. Peningkatan aspek keaktifan siswa pada prasiklus 5,8%, siklus I 10,8%, siklus II 34,37%, dan siklus III 77,7% dan mendapat respon yang positif dari siswa karena pembelajaran lebih bermakna

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keterampilan berpidato, efikasi diri, Problem Based Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 Aug 2011 04:41
Last Modified: 13 Aug 2011 04:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14061

Actions (login required)

View Item View Item