BAHASA FIGURATIF DAN DIKSI PADA PANTUN AGAMA KARYA MUVID’S KONCAR : KAJIAN STILISTIKA

PUTRIYANI, YUNITA ROH (2011) BAHASA FIGURATIF DAN DIKSI PADA PANTUN AGAMA KARYA MUVID’S KONCAR : KAJIAN STILISTIKA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (638kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (280kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (204kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (716kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsi pemanfaatan bahasa figuratif dalam Pantun Agama karya Muvid‟s Koncar ditinjau dari segi stilistika; (2) mendeskripsi pemanfaatan diksi dalam Pantun Agama karya Muvid‟s Koncar ditinjau dari segi stilistika; (3) memaparkan makna dalam Pantun Agama karya Muvid‟s Koncar ditinjau dari segi stilistika. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Objek yang diteliti dalam penelitian ini adalah bahasa figuratif dan diksi dengan tinjauan stilistika, dalam Pantun Agama karya Muvid‟s Koncar. Sumber data yang diperoleh dari Pantun Agama karya Muvid‟s Koncar berjumlah 30 bait. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan teknik pustaka dan teknik simak dan catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah model semiotik yaitu pembacaan heuristik dan pembacaan hermeneutik. Hasil penelitian ini adalah: (1) Pemanfaatan bahasa figuratif dalam Pantun Agama berupa majas dan idiom. Majas yang terdapat pada Pantun Agama adalah: (a) majas personifikasi; (b) majas metafora; (c) majas simile. (2) Diksi yang dimanfaatkan dalam Pantun Agama meliputi: (a) kata-kata konotatif; (b) kata konkret; (c) kosakata bahasa Asing, yaitu bahasa Arab dan bahasa Melayu. (3) Makna pada Pantun Agama karya Muvid‟s Koncar: (a) Dari segi akidah, terdiri atas tauhid, masalah ghoibiyyat (hal-hal ghaib), dan takdir; (b) Dari segi syariah, terdiri atas ibadah dan muamalah

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A310/2011-38
Uncontrolled Keywords: bahasa figuratif dan diksi, pantun agama, kajian stilistika
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Aug 2011 08:10
Last Modified: 25 Oct 2011 03:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14046

Actions (login required)

View Item View Item