PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PIDATO DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS BERITA (NEWS-BASED LEARNING) PENDEKATAN KONTEKSTUAL KOMPONEN PEMODELAN PADA PESERTA DIDIK KELAS X-G SMA NEGERI I GONDANG KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011

Hidayati, Nurul (2011) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PIDATO DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS BERITA (NEWS-BASED LEARNING) PENDEKATAN KONTEKSTUAL KOMPONEN PEMODELAN PADA PESERTA DIDIK KELAS X-G SMA NEGERI I GONDANG KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (197kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (193kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (48kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (881kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1. Mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis teks pidato pada peserta didik kelas X-G SMA Negeri 1 Gondang Kabupaten Sragen, setelah dilakukan pembelajaran dengan pembelajaran berbasis berita (News-Based Learning) pendekatan kontekstual komponen pemodelan. 2. Mengetahui motivasi peserta didik kelas X-G SMA Negeri 1 Gondang Kabupaten Sragen dalam melakukan pembelajaran keterampilan menulis teks pidato dengan menggunakan media pembelajaran dengan pembelajaran berbasis berita (News-Based Learning) pendekatan kontekstual komponen pemodelan, dan 3. Mengidentifikasi persepsi peserta didik kelas X-G SMA Negeri 1 Gondang, Sragen setelah dilakukan pembelajaran menulis teks pidato dengan menggunakan media pembelajaran dengan pembelajaran berbasis berita (News-Based Learning) pendekatan kontekstual komponen pemodelan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan teknik PTK oleh Arikunto, Suharsimi yaitu dengan empat tahap penelitian perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi ditiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai ketuntasan minimal yaitu 70 jumlah peserta didik 6 dari 33 peserta didik dengan presentase 18,18% pada pra siklus, 14 siswa dari 33 dengan presentase 42,42% pada siklus I, dan 30 peserta didik dari 34 siswa dengan presentase 88,24%. dari keterangan tersebut menunjukkan bahwa dengan menggunakan media pembelajaran dengan pembelajaran berbasis berita (News-Based Learning) pendekatan kontekstual komponen pemodelan dapat meningkatkan keterampilan menulis teks pidato pada kelas X-G SMA Negeri 1 Gondang Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2010/2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis teks pidato, media pembelajaran berbasis berita (News-Based Learning), pendekatan kontekstual, komponen pemodelan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Aug 2011 05:26
Last Modified: 12 Aug 2011 05:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14042

Actions (login required)

View Item View Item