PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN LANGSUNG MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS X KEPERAWATAN SMK MUHAMMADIYAH DELANGGU KLATEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011

HANDAYANI, LESTARINA TRI (2011) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN LANGSUNG MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS X KEPERAWATAN SMK MUHAMMADIYAH DELANGGU KLATEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (247kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (458kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (575kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (841kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar PUstaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (474kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan peningkatan belajar siswa dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi dengan strategi pembelajaran langsung pada siswa kelas X Keperawatan SMK Muhammadiyah Delanggu Klaten; (2) mendeskripsikan perubahan sikap dan tingkah laku siswa kelas X Keperawatan SMK Muhammadiyah Delanggu Klaten setelah mendapatkan pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan strategi pembelajaran langsung melalui pendekatan kontekstual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah Delanggu Klaten Tahun Pelajaran 2010/2011 mulai bulan Januari sampai Februari 2011. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Keperawatan sebanyak 34 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi , wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan teknik tes dan nontes. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa nilai rata-rata hasil evaluasi kemampuan siswa yang aktif bertanya selama kegiatan pembelajaran pada pretes sebanyak 53,13 atau 17 anak dari 32 siswa. Dan yang aktif menjawab pertanyaan dari peneliti sebanyak 31,25 atau 10 anak dari 32 siswa, sedangkan yang lainnya tidak aktif hanya mendengarkan penjelasan dari peneliti sebanyak 15,63 atau 5 anak dari 32 siswa. Kemudian pada siklus I siswa yang aktif bertanya sebanyak 65,63 atau 21 anak dari 32 siswa, dan siswa yang menjawab pertanyaan dari peneliti sebanyak 25 atau 8 anak dari 32 siswa. Sedangkan yang lain hanya memperhatikan penjelasan dari peneliti sebanyak 9,38 atau 3 anak dari 32 siswa. Pada siklus II siswa yang aktif bertanya sebanyak 87,5 atau 28 anak dari 32 siswa, dan siswa yang aktif menjawab pertanyaan dari peneliti sebanyak 9,38 atau 3 anak dari 32 siswa. Sedangkan yang lain hanya memperhatikan penjelasan dari peneliti sebanyak 3,13% atau 1 anak dari 32 siswa. Sehingga keaktifan bertanya dan menjawab pertanyaan pada siswa kelas X Keperawatan meningkat. Dalam penelitian ini yang peneliti lakukan terdapat beberapa penemuan yaitu: (1) Strategi pembelajaran langsung dapat membuat siswa aktif dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi; (2) Strategi pembelajaran langsung membuat siswa tidak merasa jenuh atau bosan dalam mengikuti pembelajaran menulis karangan deskripsi; (3) Strategi pembelajaran langsung dapat menciptakan suasana pembelajaran menulis karangan deskripsi menjadi nyaman dan menyenangkan; (4) Strategi pembelajaran langsung dapat membuat perolehan nilai menulis karangan deskripsi siswa meningkat; dan (5) Dengan pemberian hadiah dapat memacu siswa untuk aktif dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi dan memacu siswa untuk menghasilkan karangan deskripsi sebaik mungkin.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan menulis karangan deskripsi, paragraf deskripsi, strategi pembelajaran langsung, pendekatan kontekstual.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Aug 2011 05:20
Last Modified: 12 Aug 2011 05:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14041

Actions (login required)

View Item View Item