PENERAPAN STRATEGI TEAM QUIS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN DAN KONSTITUSI PERTAMA PADA SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 1 CAWAS TAHUN PELAJARAN 2010/2011

SETIAWAN, ERI (2011) PENERAPAN STRATEGI TEAM QUIS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN DAN KONSTITUSI PERTAMA PADA SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 1 CAWAS TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (82kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar PUstaka)
daftar_pustaka.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kea ktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi Proklamasi Kemerdekaan dan Konstitusi Pertama pada siswa Kelas VII D SMP Negeri 1 Cawas Tahun Pelajaran 2010/2011 melalui penerapan strategi pembelajaran Team Quis. Sebelum diberikan tindakan, siswa kurang aktif dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya dengan menggunakan metode ceramah bervariasi dan diskusi. Akan tetapi penerapan ceramah bervariasi belum mampu meningkatkan keaktifan siswa. Solusi yang ditawarkan adalah menggunakan strategi pembelajaran Team Quis. Subjek penerima tindakan adalah 38 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau narasumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktifitas pembelajaran serta dokumen atau arsip . Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Diharapkan dengan penerapan strategi pembelajaran Team Quis keaktifan siswa da lam proses pembelajaran PKn materi Proklamasi Kemerdekaan dan Konstitusi Pertama dapat meningkat minimal 75% dari 38 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi Proklamasi Kemerdekaan dan Konstitusi Pertama meningkat menjadi 25(65,79%) pada siklus I dan meningkat menjadi 34(89,47%) pada siklus II dari kondisi awal yang hanya 15(39,47%). Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka hipotesis tindakan yang menyatakan “Diduga dengan Penerapan Strategi Team Quiz Mampu Meningkatkan Keaktifan dalam Proses Pembelajaran PKn Materi Proklamasi Kemerdekaan dan Konstitusi Pertama pada Siswa Kelas VII D SMP Negeri 1 Cawas Tahun Pelajaran 2010/2011”terbukti dan dapat diterima kebe narannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Team Quis, Keaktifan Siswa, Siklus
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Aug 2011 04:36
Last Modified: 12 Aug 2011 04:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14035

Actions (login required)

View Item View Item