PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI DAUR HIDUP HEWAN MELELUI MODEL PEMBELAJARAN SAVI PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 16 KARANGASEM LAWEYAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

ZAIROH, UMI (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI DAUR HIDUP HEWAN MELELUI MODEL PEMBELAJARAN SAVI PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 16 KARANGASEM LAWEYAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (135kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (53kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (524kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui model pembelajaran SAVI (Somatis Audiotori Visual Intelektual). Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah 16 Karangasem Laweyan Surakarta yang berjumlah 37 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, interview, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA materi daur hidup hewan dengan menggunakan metode pembelajaran SAVI. Hal ini dapat dilihat dari hasil ulangan sebelum tindakan sampai siklus II pada tiap siklus mengalami peningkatan, KKM dari mata pelajaran IPA yaitu 70 siswa yang mendapatkan nilai kurang dari KKM sebelum tindakan sebanyak 26 siswa (70,2%) dan siswa yang mendapatkan nilai lebih dari KKM sebanyak 11siswa (29,7%), pada Siklus I siswa yang nilainya kurang dari KKM sebanyak 10 siswa (27,0%) dan siswa yang nilainya lebih dari KKM sebanyak 27 siswa (72,9%) dan pada Siklus II siswa yang nilainya kurang dari KKM sebanyak 0 siswa (0%) dan siswa yang mendapatkan nilai lebih dari KKM sebanyak 37 siswa (100%). Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran SAVI (Somatis Audiotori Visual Intelektual) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA psda siwa kelas IV SD Muhammadiyah 16 Karangasem Laweyan Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, SAVI (somatis audiotori visual intelektual)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Aug 2011 04:19
Last Modified: 12 Aug 2011 04:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14033

Actions (login required)

View Item View Item