METODE PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DENGAN PEMBERIAN KUIS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI I SAWAHAN TAHUN 2010/2011

Aditya A, Erwan (2011) METODE PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DENGAN PEMBERIAN KUIS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI I SAWAHAN TAHUN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (109kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_BELAKANG.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode pembelajaran ekspositori dengan pemberian kuis. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian siswa kelas IV SD Negeri Sawahan 1 Juwiring yang berjumlah 38siswa, dan obyek penelitian ini adalah adalah motivasi belajar siswa. Metode pengumpulan data dignakan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan triangulasi waktu pengumpulan data, data dicek kredibilitasnya dengan waktu yang berbeda-beda namun dengan sumber data dan teknik yang sama.Teknik analisis data dilakukan secara diskriptif dengan analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari : 1) Aktif menyampaikan ide dan mengajukan pertanyaan, sebelum tindakan sebesar 23%, sesudah tindakan naik menjadi 39,47%, 2) Aktif menjawab pertanyaan, sebelum tindakan sebesar 18,42%, sesudah tindakan naik menjadi 44,72%, 3) Antusias sisa dalam pembelajaran matematika, sebelum tindakan sebesar 36,84%, sesudah tindakan naik menjadi 63,16%. Peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran ekspositori dengan pemberian kuis dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode ekspositori, kuis, motivasi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Aug 2011 04:09
Last Modified: 12 Aug 2011 04:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14032

Actions (login required)

View Item View Item