ANALISIS VEGETASI MANGROVE DI DAERAH EKOWISATA PANTAI BLENDUNG KECAMATAN ULUJAMI KABUPATEN PEMALANG PROVINSI JAWA TENGAH

IMAN, BUSTANUL (2011) ANALISIS VEGETASI MANGROVE DI DAERAH EKOWISATA PANTAI BLENDUNG KECAMATAN ULUJAMI KABUPATEN PEMALANG PROVINSI JAWA TENGAH. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (70kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
3._BAB_I.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Mangrove dengan berbagai spesiesnya banyak terdapat di pesisir pantai, terlebih pada pesisir pantai utara. Di provinsi Jawa Tengah memiliki keragaman bentuk fisiografi pantai dan daya dukung lingkungan yang mempengaruhi keberadaan mangrove, di kabupaten Pemalang adalah salah satu daerah yang mempengaruhi jumlah persebaran vegetasi mangrove Provinsi Jawa Tengah, salah satunya di kecamatan Ulujami khususnya area pantai desa Blendung. Hutan magrove di Jawa banyak yang telah mengalami kerusakan akibat ulah manusia, oleh sebab itu data yang sudah ada mengenai mangrove banyak yang berubah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat jumlah vegetasi mangrove di area pesisir pantai Blendung kecamatan Ulujami kabupaten Pemalang provinsi Jawa Tengah dan untuk mengetahui faktor-faktor daya dukung lingkungan PH substrat (air dan tanah) dan suhu udara yang mendukung vegetasinya. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksplorasi dengan faktor vegetasi mangrove di pesisir pantai desa Blendung kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang provinsi Jawa Tengah. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Plot Kuadrat. Media yang digunakan adalah empat plot yang dipasang di obyek penelitian dengan ukuran 1m2, 5m2, 10m2 dan 100m2. Hasil penelitian menunjukkan terdapat vegetasi mangrove di pesisir pantai desa Blendung kecamatan Ulujami kabupaten Pemalang provinsi Jawa Tengah dengan daya dukung lingkungan PH tanah 7, PH air 7 suhu udara 380C. Spesies mangrove yang dtemukan adalah Rhizophora mucronata, Rhizophora apiculata, Rhizophora stylosa, Avicennia eucalyptifolia, Avicennia officinalis, Avicennia marina, Hibiscus tiliaceus, Kandelia candel, Scyphiphora hydrophyllaceae, Sonneratia alba.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mangrove, Pesisir pantai, Daya dukung Lingkungan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 12 Aug 2011 02:52
Last Modified: 12 Aug 2011 02:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14026

Actions (login required)

View Item View Item