PERBEDAAN PENGGUNAAN METODE CROSSWORD PUZZLE DAN CARD SORT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS X.AK.1 DAN X.AK.2 SMK NEGERI I BANYUDONO TAHUN AJARAN 2010/2011

HARIMURTI, RIKA DWI (2011) PERBEDAAN PENGGUNAAN METODE CROSSWORD PUZZLE DAN CARD SORT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS X.AK.1 DAN X.AK.2 SMK NEGERI I BANYUDONO TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (243kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (68kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (93kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] PDF (BabV)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar IPA siswa, antara siswa yang diberi metode pembelajaran melalui metode Crossword puzzle dan siswa yang diberi metode Card sort dalam pembelajaran IPA siswa SMK kelas X. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri I Banyudono tahun pelajaran 2010/2011 yang terdiri dari delapan kelas dan sampelnya yaitu kelas X.AK.1 sebagai kelas dengan pembelajaran metode Crossword puzzle dengan jumlah siswa sebanyak 40 siswa, sedangkan kelas X.AK.2 sebagai kelas pembelajaran metode Card sort dengan 38 siswa. Teknik pengambilan sampel secara Purpose sampling (pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu). Metode pengumpulan data adalah metode test, observasi dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis dilakukan dengan uji normalitas Liliefors dan uji homogenitas Barlett. Data dianalisis menggunakan uji t-test dengan skor tes setelah ada perlakuan sebagai variabel terikat. Hasil pengujian hipotesis menggunakan α=5% menunjukkan thitung = -5,782 dimana thitung . t(0,05:76) = 1,992 sehingga hipotesis Ho diterima yang berarti tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar IPA pokok bahasan gejala alam yang dipengaruhi oleh strategi pembelajaran melalui metode Crossword puzzle maupun pembelajaran melalui metode Card sort. Disimpulkan bahwa prestasi belajar IPA dengan menggunakan metode Card sort lebih efektif daripada prestasi belajar IPA menggunakan metode Crossword puzzle pada pokok bahasan gejala alam yang dilihat dari nilai rata-rata test masing-masing kelas pembelajaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode crossword puzzle, card sort, uji homogenitas barlett
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 11 Aug 2011 03:27
Last Modified: 11 Aug 2011 03:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14012

Actions (login required)

View Item View Item