PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN STRATEGI THE POWER OF TWO AND FOUR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI EKOSISTEM

ROKHIMASTUTI, NASTITI (2011) PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN STRATEGI THE POWER OF TWO AND FOUR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI EKOSISTEM. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (204kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (74kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (112kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Pengaruh pembelajaran kontekstual dengan strategi The Power of Two and Four terhadap hasil belajar biologi siswa yang meliputi tiga tujuan khusus 1) Pengaruh pembelajaran kontekstual dengan strategi The Power of Two and Four terhadap hasil belajar kognitif siswa, 2) Pengaruh pembelajaran kontekstual dengan strategi The Power of Two and Four terhadap hasil belajar afektif siswa, 3) Pengaruh pembelajaran kontekstual dengan strategi The Power of Two and Four terhadap hasil belajar psikomotor siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta. Sebagai sampel diambil dua kelas yang kemudian dijadikan sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, angket, lembar observasi, dan dokumentasi. Pengujian prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Teknik analisis data menggunakan uji t-tes (Independent Sample t-Test). Berdasarkan hasil penelitian dengan α = 0,05 menunjukkan bahwa (1) Tidak ada pengaruh pembelajaran kontekstual dengan strategi The Power of Two and Four terhadap hasil belajar kognitif berdasarkan hasil hipotesis, dengan nilai thitung= 0,950 < ttabel= 1,998, (2) Ada pengaruh pembelajaran kontekstual dengan strategi The Power of Two and Four terhadap hasil belajar afektif berdasarkan hasil hipotesis, dengan nilai thitung= 2,013 > ttabel= 1,998, (3) Tidak ada pengaruh pembelajaran kontekstual dengan strategi The Power of Two and Four terhadap hasil belajar psikomotor berdasarkan hasil hipotesis, dengan nilai thitung= 0,769 < ttabel= 1,998. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa tidak ada pengaruh pembelajaran kontekstual dengan strategi The Power of Two and Four terhadap hasil belajar kognitif dan psikomotor berdasarkan hasil hipotesis. Pada aspek afektif terdapat pengaruh pembelajaran kontekstual dengan strategi The Power of Two and Four terhadap hasil belajar biologi siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kontekstual, The Power of Two and Four, hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 11 Aug 2011 03:14
Last Modified: 11 Aug 2011 03:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14011

Actions (login required)

View Item View Item