PENINGKATAN KEMAMPUAN MENCERITAKAN TOKOH IDOLA DENGAN MEDIA BONEKA PESERTA DIDIK KELAS VII A SMP NEGERI 2 GATAK KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011

ASTUTI, ROHMIATI DWI (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENCERITAKAN TOKOH IDOLA DENGAN MEDIA BONEKA PESERTA DIDIK KELAS VII A SMP NEGERI 2 GATAK KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
02._COVER_Depan.pdf

Download (175kB)
[img]
Preview
PDF
03._BAB_I.pdf

Download (57kB)
[img] PDF
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] PDF
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[img] PDF
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (95kB)
[img] PDF
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (964kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menceritakan tokoh idola peserta didik kelas VII A SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo tahun ajaran 2010/2011 dalam kompetensi dasar menceritakan tokoh idola. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang setiap siklus dilakukan dalam empat tahapan yaitu: perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observising), dan refleksi (reflecting). Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus, antara siklus satu dengan yang lain merupakan hubungan dari penelitian siklus yang dilakukan. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil kegiatan berbicara peserta didik selama pembelajaran berlangsung, dan pengamatan sikap peserta didik selama proses pembelajaran berbicara melalui penggunaan media boneka. Pengambilan data dalam penelitian ini dengan cara observasi, wawancara, angket, dokumentasi, metode catatan lapangan, dan praktik berbicara. Berdasarkan hasil temuan dan pembahasan, disimpulkan bahwa dengan menggunakan media boneka, keterampilan bercerita peserta didik mengalami peningkatan. Pada siklus I, nilai rata-rata yang dicapai sebesar 67,82 sedangkan pada siklus II sebesar 73,72 dan hasil yang dicapai pada siklus III sebesar 78,76 atau nilai rata-rata peserta didik meningkat sebesar 20,89. Selain peningkatan nilai rata-rata yang dicapai, perilaku yang ditunjukkan peserta didik juga berubah dan mengalami peningkatan setelah diberikan tindakan, yaitu lebih antusias mengikuti pembelajaran dan tidak gugup atau grogi, serta tidak kaku, dan semakin percaya diri ketika bercerita di depan kelas atau bertanya dan menanggapi kegiatan bercerita yang dilakukan peserta didik lain. Peserta didik juga semakin bersikap kritis dalam bertanya maupun menaggapi hasil cerita maupun mengajukan pertanyaan selama pembelajaran berlangsung. Dari hasil penelitian ini, saran yang dapat direkomendasikan adalah para guru Bahasa dan Sastra Indonesia hendaknya mencoba menggunakan media boneka sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran bercerita.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A310/2011-36
Uncontrolled Keywords: Keterampilan bercerita, Tokoh idola, Media boneka.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 10 Aug 2011 10:28
Last Modified: 25 Oct 2011 03:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14007

Actions (login required)

View Item View Item