PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA GARIS SINGGUNG LINGKARAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN VAN HIELE (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII Semester Genap di SMP Negeri 2 Banyudono tahun ajaran 2010 / 2011)

Istikhomah, Istikhomah (2011) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA GARIS SINGGUNG LINGKARAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN VAN HIELE (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII Semester Genap di SMP Negeri 2 Banyudono tahun ajaran 2010 / 2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (138kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] PDF (Bab Iii)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (524kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini: (1) meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui model pembelajaran Van Hiele di SMP Negeri 2 Banyudono, dan (2) meningkatkan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran Van Hiele di SMP Negeri 2 Banyudono. Jenis penelitian ini PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Banyudono, yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini: (1) Ada peningkatan aktivitas belajar yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator aktivitas belajar meliputi: a) keberanian siswa dalam bertanya sebelum tindakan 9,38%, putaran I 18,75%, putaran II 19,63%, dan di akhir 21,88 %. b) menjawab pertanyaan sebelum tindakan 15,38%, putaran I 18,75%, putaran II 21,87% dan di akhir tindakan 31,25%, c) mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 15,63%, putaran I 21,88%, putaran II 25% dan di akhir tindakan 40,63%, d) mengemukakan ide atau pendapat sebelum tindakan 6,25%, putaran I 9,38%, putaran II 15,63% dan di akhir tindakan 21,87%, e) mengerjakan pekerjaan rumah sebelum tindakan 50%, putaran I 56,25%, putaran II 62,5% dan di akhir tindakan 78,13% dan (2) Ada peningkatan prestasi belajar siswa yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 60 sebelum tindakan 46,88%, putaran I 59,37%, putaran II 71,88%, putaran III 78,13%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran Van Hiele dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aktivitas, prestasi belajar, Van Hiele
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Aug 2011 10:07
Last Modified: 10 Aug 2011 10:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14002

Actions (login required)

View Item View Item