OPTIMALISASI PENGGUNAAN STRATEGI NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA (PTK Pembelajaran Matematika Pada Kelas VIII Semester Genap MTsN Gondangrejo Tahun Ajaran 2010/2011)

Huda, Miftakhul (2011) OPTIMALISASI PENGGUNAAN STRATEGI NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA (PTK Pembelajaran Matematika Pada Kelas VIII Semester Genap MTsN Gondangrejo Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (805kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (234kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (202kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika setelah dilakukan pembelajaran melalui strategi Numbered Heads Together. Pendekatan penelitian pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII-H MTsN Gondangrejo yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui penerapan strategi pembelajaran Numbered Heads Together. Hal ini dapat dilihat dari 1) kemauan siswa untuk menjawab pertanyaan yang diberikan mengalami peningkatan: sebelum tindakan sebesar 25%, pada putaran I sebesar 31,25%, pada putaran II setelah dirata-rata dari pertemuan pertama dan kedua sebesar 50%, pada putaran III sebesar 87,5%. 2) keaktifan siswa dalam bertanya meningkat sebelum tindakan sebesar 18,75%, pada putaran I sebesar 21,875%, pada putaran II setelah dirata-rata dari pertemuan pertama dan kedua sebesar 37,5%, pada putaran III sebanyak sebesar 78,125%, 3) kemauan siswa untuk mengerjakan soal di depan kelas meningkat sebelum tindakan sebesar 12,5%, pada putaran I sebesar 25%, pada putaran II setelah dirata-rata dari pertemuan pertama dan kedua sebesar 34,375%, pada putaran III sebesar 90,625%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi pembelajaran Numbered Heads Together dapat meningkatakan minat belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Numbered Heads Together, minat belajar, pembelajaran matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Aug 2011 08:56
Last Modified: 10 Aug 2011 08:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13993

Actions (login required)

View Item View Item