PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA LUAS PERMUKAAN SERTA VOLUME KUBUS DAN BALOK MELALUI LANGKAH POLYA ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri 1 Kradenan, Kabupaten Grobogan )

Kusuma, Betti Anggar (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA LUAS PERMUKAAN SERTA VOLUME KUBUS DAN BALOK MELALUI LANGKAH POLYA ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri 1 Kradenan, Kabupaten Grobogan ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf

Download (132kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._Bab_I.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II)
4._Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab III)
5._Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] PDF (Bab V)
7._Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._Daftar_Pustaka.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (925kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita pada luas permukaan serta volume kubus dan balok melalui langkah Polya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Kradenan tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 38 siswa, dan peneliti sebagai observer yang bertugas merencanakan, mengumpulkan data, menganalisis data dan menarik kesimpulan. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara diskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah; kemampuan siswa meningkat meliputi aspek: a) siswa yang memperhatikan guru mengajar sebelum tindakan 67,79 % dan setelah tindakan 84,21 % b) siswa yang terampil mengerjakan soal sebelum tindakan 26,23 % dan setelah tindakan 78,95 % c) siswa yang mengerti dan memahami soal dengan baik sebelum tindakan 5,26 % dan setelah tindakan 67,79 % d) siswa yang menyusun dan melaksanakan rencana dalam menjawab soal sebelum tindakan 57,14 % dan setelah tindakan 97,14 % e) siswa yang memeriksa kembali jawaban sebelum tindakan 18,42 % dan setelah tindakan 65,79 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan langkah Polya dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan, Soal Cerita, Polya.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Aug 2011 08:48
Last Modified: 10 Aug 2011 08:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13992

Actions (login required)

View Item View Item