PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA BANGUN DATAR MELALUI STRATEGI INDEX CARD MATCH (PTK Pembelajaran Matematika Kelas V SDN Bibis Luhur I Surakarta Tahun Ajaran 2010 / 2011)

Erika, Nur Rizky (2011) PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA BANGUN DATAR MELALUI STRATEGI INDEX CARD MATCH (PTK Pembelajaran Matematika Kelas V SDN Bibis Luhur I Surakarta Tahun Ajaran 2010 / 2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2.COVER.pdf

Download (114kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3.BAB_I.pdf

Download (46kB)
[img] PDF (Bab II)
4.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (Bab III)
5.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] PDF (Bab IV)
6.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] PDF (Bab V)
7.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Lampiran)
9.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan minat dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui penerapan strategi pembelajaran Index Card Match. Jenis penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri BibisLuhur1 Surakarta yang berjumlah 38 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Keabsahan data dengan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan minat dan prestasi siswa dalam pembelajaran matematika melalui penerapan strategi pembelajaran Index Card Match. Hal ini dapat dilihat dari 1) Antusias mengerjakan tugas:sebelum tindakan sebesar 78,95%, pada putaran I pertemuan pertama sampai ketiga setelah di rata-rata sebesar 92,98%,pada putaran II setelah diratarata dari pertemuan pertama dan kedua sebesar96,1%, pada putaran III setelah dirata-rata dari pertemuan pertama dan kedua sebesar 100%.2) Antusias mengajukan pertanyaan: sebelum tindakan sebesar 2,63%, pada putaran I pertemuan pertama sampai ketiga setelah di rata-rata sebesar 12,28%, pada putaran II setelah dirata-rata dari pertemuan pertama dan kedua sebesar 19,76%, pada putaran III setelah dirata-rata dari pertemuan pertama dan kedua sebesar 26,32%. 3) Antusias menjawab pertanyaan :sebelum tindakan sebesar 10,53%, pada putaran I pertemuan pertama sampai ketiga setelah di rata-rata sebesar 32,46%, pada putaran II setelah dirata-rata dari pertemuan pertama dan kedua sebesar 38,16%, pada putaran III setelah dirata-rata dari pertemuan pertama dan kedua sebesar 47,37%. 4) Evaluasi Mandiri Siswa: sebelum tindakan sebesar 78,95%, pada putaran I pertemuan pertama sampai ketiga setelah di rata-rata sebesar 88,6%, pada putaran II setelah dirata-rata dari pertemuan pertama dan kedua sebesar 92,11%, pada putaran III setelah dirata-rata dari pertemuan pertama dan kedua sebesar 96,1%.Penelitian ini berkesimpulan bahwa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi pembelajaran index card match dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: index card match, minat, prestasi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Aug 2011 07:18
Last Modified: 10 Aug 2011 07:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13990

Actions (login required)

View Item View Item