PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF ANTARA METODE JIGSAW DENGAN METODE STAD DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI (Studi Eksperimen di SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2010/2011)

Sugiyatmi, Sugiyatmi (2011) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF ANTARA METODE JIGSAW DENGAN METODE STAD DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI (Studi Eksperimen di SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (281kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (111kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (67kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan pendekaan pembelajaran kooperatif (CooperativeLearning) metode jigsaw dan metode STAD. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Sukoharjo. Pengambilan sampel penelitian berjumlah 114 siswa dari 3 kelas siswa XI IPA 1 dan XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Pengambilan data hasil belajar dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar (25 item) serta lembar observasi untuk menilai keaktifan siswa. Analisis data menggunakan uji multivariate varians (Manova) dan diperoleh nilai signifikan, yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil analisis data diperoleh nilai signifikansi untuk hasil belajar sebesar 0,196 dan untuk nilai keaktifan sebesar 0,225 sehingga dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar dan keaktifan siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran kooperatif antara metode Jigsaw dengan metode STAD. Dengan melihat nilai rata – rata kelas XI-IPA 1 yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran kooperatif metode jigsaw yaitu 77,11 untuk hasil belajar dengan ketuntasan 86,84 % dan 10,58 untuk nilai keaktifan, sedangkan untuk nilai rata – rata kelas XI – IPA 2 yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran kooperatif metode STAD yaitu 74,05 untuk hasil belajar dengan ketuntasan 84,21% dan 9,53 untuk nilai keaktifan. Dari nilai rerata tesebut dapat dikatakan bahwa hasil belajar dan keaktifan siswa yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran kooperatif metode jigsaw lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran kooperatif metode STAD.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A420/2011-25
Uncontrolled Keywords: Metode Jigsaw, Metode STAD, Hasil belajar, Keaktifan siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Aug 2011 06:26
Last Modified: 31 Oct 2011 05:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13984

Actions (login required)

View Item View Item