PENGGUNAAN MEDIA KARTU INDEKS BERVARIASI DENGAN MEDIA CHARTA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VIII C SMP MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/ 2011

Winarsih, Sri (2011) PENGGUNAAN MEDIA KARTU INDEKS BERVARIASI DENGAN MEDIA CHARTA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VIII C SMP MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/ 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (270kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (138kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (104kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media kartu indeks yang divariasi dengan media charta dapat meningkatkan hasil belajar biologi dan keaktifan siswa pada materi sistem gerak pada tumbuhan di kelas VIII C SMP Muhammadiyah 2 tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi yang dilakukan dalam tiga siklus. Hasil yang diperoleh dari penilitian ini bahwa rata-rata nilai kognitif siklus I mengalami kenaikan dari nilai awal 46,5 menjadi 57,35; sedangkan rata-rata nilai afektif 11,59 (cukup berminat) dan rata-rata nilai keaktifan 10,94 (cukup berminat). Rata-rata nilai kognitif siklus II mengalami kenaikan menjadi 66,13; sedangkan rata-rata nilai afektif menjadi 12,56 (cukup berminat) dan rata-rata nilai keaktifan menjadi 11,69 (cukup berminat). Rata-rata nilai kognitif siklus III mengalami kenaikan menjadi 70,61 dan sudah dinyatakan tuntas diatas KKM (62) dengan target 75% kelulusan; sedangkan rata-rata nilai afektif siklus III mengalami kenaikan menjadi 13,55 (berminat) dan rata-rata nilai keaktifan mengalami kenaikan menjadi 13,61 (cukup berminat). Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu indeks bervariasi dengan media charta dapat meningkatkan hasil belajar biologi dan keaktifan siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2010/2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A420/2011-27
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, keaktifan, kartu indeks
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Aug 2011 06:06
Last Modified: 31 Oct 2011 05:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13982

Actions (login required)

View Item View Item