IMPLEMENTASI WHOLE LANGUAGE SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS MENULIS PENGALAMAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 KINGKANG TAHUN 2010/2011

Suwarti, Tri (2011) IMPLEMENTASI WHOLE LANGUAGE SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS MENULIS PENGALAMAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 KINGKANG TAHUN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (107kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
03_BAB_I.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (BAB II)
04_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (BAB III)
05_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (BAB IV)
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img] PDF (BAB V)
07_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
09_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (738kB)

Abstract

Kreativitas perlu dimiliki oleh siswa SD guna menunjang kemampuan siswa dalam membuat karangan atau menulis sehingga siswa dalam mengarang tidak monoton. Kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa, baik dalam isi karangan yang bersifat monoton ataupun ketidakmampuan dalam memberikan tanda baca pada kalimat merupakan masalah penting yang menunjukkan kreativitas siswa rendah, guna mengatasi kreativitas siswa rendah digunakan pendekatan whole language. Pendekatan whole language dalam pembelajaran bahasa Indonesia sebagai sebuah keterampilan, antara lain pengintegrasian antara bentuk dan makna, penekanan pada kemampuan berbahasa praktis, dan interaksi yang produktif antara guru dengan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pendekatan whole language dalam meningkatkan kreativitas menulis pengalaman pada siswa kelas V SD Negeri 2 Kingkang Tahun 2010/2011. Tempat penelitian dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 2 Kingkang, pada semester genap tahun ajaran 2010/2011. Metode penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Subjek Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Kingkang tahun ajaran 2010/2011. Objek dari penelitian ini adalah pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan pendekatan whole language. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik induktif. Kesimpulan hasil penelitian yaitu pendekatan whole language dapat meningkatkan kreativitas menulis pengalaman pada siswa kelas V SD Negeri 2 Kingkang Tahun 2010/2011. Hal ini ditunjukkan dari hasil pra tindakan yang kreatif hanya satu orang (6,25%) meningkat menjadi 7 orang (43,75%) pada siklus I, dan pada siklus II terjadi peningkatan kreativitas siswa sebanyak 13 orang (81,25%), sehingga hasil peningkatan kreativitas seluruhnya sebanyak 12 orang atau 75%. Peningkatan kreativitas siswa berpengaruh terhadap hasil prestasi siswa dalam menulis pengalaman. Hal ini ditandai dengan nilai rata-rata siswa yang mengalami peningkatan pada tiap siklusnya, yaitu nilai rata-rata pra tindakan sebesar 60, pada siklus I nilai rata-rata kelas menjadi 65, dan terjadi peningkatan pada siklus II untuk nilai rata-rata kelas sebesar 72,1. Dari hasil ketuntasan belajar pada pra tindakan hanya 3 siswa, pada siklus I ketuntasan belajar meningkat menjadi 5 siswa, dan pada siklus II meningkat menjadi 12 siswa sehingga untuk prestasi belajar ada peningkatan sebesar 75%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Whole Language, Kreativitas Menulis Pengalaman ix
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 5 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2011 06:00
Last Modified: 10 Aug 2011 06:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13980

Actions (login required)

View Item View Item