EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA TRIGONAL PENCIL DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MENULIS SISWA KELAS III SD NEGERI CEMENG 2 KECAMATAN SAMBUNGMACAN KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011

IRAWATI, IRAWATI (2011) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA TRIGONAL PENCIL DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MENULIS SISWA KELAS III SD NEGERI CEMENG 2 KECAMATAN SAMBUNGMACAN KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
IRAWATI_HALAMAN_DEPANNNN.pdf

Download (68kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
IRAWATI-1.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (BAB II)
IRAWATI-2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (BAB III)
IRAWATI-3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (BAB IV)
IRAWATI-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] PDF (BAB V)
IRAWATI-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
IRAWATI_DAFTAR__PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
IRAWATI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui efektifitas penggunaan media trigonal pencil dalam mengatasi kesulitan belajar menulis siswa kelas III SD Negeri Cemeng 2 Kecamatan Sambungmacan Kabupaten Sragen tahun ajaran 2010/2011 Sesuai dengan tujuan penelitian tersebut metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri Cemeng 2 Sambungmacan Sragen yang berjumlah 23 siswa. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling, dengan jumlah sampel 6 siswa. Teknik pengumpulan data kemampuan menulis siswa kelas III SD dengan menggunakan tes tertulis dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik non parametrik Sign Test Wilcoxon. Penelitian ini menggunakan desain one group pre test post test design. Hasil penelitian menunjukan : 1) dari hasil data yang dikerjakan diperoleh harga P uji dua sisi untuk harga Z = -2,201. Harga peroleh P = 0,028 berada dibawah 0,05 dengan hasil P untuk Z hitung lebih kecil dari P untuk Z tabel ; 0,028 < 0,05 maka Ho ditolak. Penolakan Ho berarti diterimanya Ha yang menyatakan “ Penggunaan media trigonal pencil efektif dalam mengatasi kesulitan belajar menulis siswa kelas III SD Negeri Cemeng 2 Kecamatan Sambungmacan Kabupaten Sragen tahun ajaran 2010/2011”. 2) terdapat perbedaan antara kemampuan menulis siswa berkesulitan menulis setelah pemberian perlakuan atau treatment yang berupa penggunaan trigonal pencil dibandingkan dengan sebelum diberikan treatment. Hal ini dibuktikan dengan Mean dari posttest diperoleh skor 78,50 sedangkan Mean dari pretest 43,33. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi “Penggunaan media trigonal pencil efektif dalam mengatasi kesulitan belajar menulis siswa kelas III SD Negeri Cemeng 2 Kecamatan Sambungmacan Kabupaten Sragen tahun ajaran 2010/2011” terbukti kebenarannya. Jadi penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media trigonal pencil efektif dalam mengatasi kesulitan belajar menulis siswa yang teridentifikasi kesulitan belajar menulis.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, Media Trigonal Pencil, Kesulitan Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 5 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2011 05:49
Last Modified: 10 Aug 2011 05:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13977

Actions (login required)

View Item View Item