UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP GERAK BENDA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS IV SDN BEDORO I KECAMATAN SAMBUNGMACAN KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Hartini, Sri (2011) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP GERAK BENDA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS IV SDN BEDORO I KECAMATAN SAMBUNGMACAN KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
02_halaman_depan.pdf

Download (153kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
03_bab_1.pdf

Download (88kB)
[img] PDF (BAB II)
04_bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] PDF (BAB III)
05_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (BAB IV)
06_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] PDF (BAB V)
07_bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
09_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah 1). Untuk mengembangkan pembelajaran IPA dengan menggunakan metode eksperimen, 2) Untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep gerak benda melalui metode eksperimen pada siswa kelas IV SD Negeri Bedoro 1 Kecamatan Sambungmacan Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan analisis data. Berdasarkan pada hasil perbaikan pembelajaran yang telah dilaksanakan dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : 1) Dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan prestasi belajar IPA tentang gerak benda pada siswa kelas IV SDN Bedoro 1 Kecamatan Sambungmacan Kabupaten Sragen , 2) Ketuntasan belajar IPA siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode eksperimen melalui kerja kelompok. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari sebelum tindakan 13 siswa atau 65% yang nilainya kurang dari KKM, 7 siswa atau 35% yang berhasil. Setelah dilaksanakan tindakan siklus 1 ada peningkatan 9 siswa atau 45% yang nilainya kurang dari KKM, 11 siswa atau 55% yang berhasil. Kemudian diadakan siklus II, karena siklus 1 belum memenuhi KKM, dan pada siklus II, 16 siswa atau 80% sudah memenuhi KKM. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa “ Dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar hasil belajar IPA tentang konsep gerak benda pada siswa kelas IV SDN Bedoro 1 Kecamatan Sambungmacan Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2010/2011” diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman konsep gerak benda, metode eksperimen, IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 5 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2011 05:04
Last Modified: 10 Aug 2011 05:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13969

Actions (login required)

View Item View Item