STRATEGI PEMBELAJARAN PBI ( PROBLEM BASED INSTRUCTION ) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 03 LEMPONG JENAWI KARANGANYAR

THOHARI, NURSAH (2011) STRATEGI PEMBELAJARAN PBI ( PROBLEM BASED INSTRUCTION ) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 03 LEMPONG JENAWI KARANGANYAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (314kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
bab_1.pdf

Download (147kB)
[img] PDF (Bab II)
bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] PDF (Bab III)
bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] PDF (Bab IV)
bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)
[img] PDF (Bab V)
bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf

Download (144kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (830kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas siswa dalam pembelajaran IPA melalui strategi pembelajaran PBI (Problem Based Instruction). Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri 03 Lempong yang berjumlah 24 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreativitas siswa dalam pembelajaran IPA pada pokok bahasan sumber daya alam. Hal ini dapat dilihat dari 1) kreativitas siswa dalam bertanya pada siklus I sebesar 26,09 %, pada siklus II sebesar 62,50 %, di akhir siklus mencapai 95,83 %, 2) kreativitas siswa dalam melakukan kegiatan kelompok pada siklus I sebesar 47,83 %, pada siklus II sebesar 83,33 %, di akhir siklus mencapai 100 %, 3) kreativitas siswa mengerjakan soal secara mandiri pada siklus I sebesar 56,52 %, pada siklus II sebesar 75,00 %, di akhir siklus mencapai 95,83 %, serta 4) keativitas siswa memberikan tanggapan dari jawaban siswa lain pada siklus I sebesar 39,14 %, pada siklus II sebesar 79,17 %, di akhir siklus mencapai 100 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan kreativitas siswa sehingga berdampak pada kegiatan pembelajaran dan peningkatan prestasi belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Pembelajaran, dan PBI (Problem Based Instruction)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Aug 2011 04:55
Last Modified: 10 Aug 2011 04:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13965

Actions (login required)

View Item View Item