PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SDN 03 KALIJIRAK TASIKMADU KARANGANYAR 2011

Aprianti, A510081023., Estik (2011) PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SDN 03 KALIJIRAK TASIKMADU KARANGANYAR 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
00.pdf

Download (45kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
01.pdf

Download (63kB)
[img] PDF (Bab II)
02.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] PDF (Bab III)
03.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] PDF (Bab IV)
04.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (Bab V)
05.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
06.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
07.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SDN 03 Kalijirak Tasikmadu Karanganyar. Sasaran perubahan adalah hasil belajar siswa, dan keaktifan siswa, sedangkan variabel tindakannya adalah penerapan metode diskusi kelompok Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa-siswa kelas IV SDN 03 Kalijirak yang memiliki hasil belajar agak rendah yang terdiri dari 26 siswa. Metode pengumpulan data meliputi observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Milles and Hubberman meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 63.00 (dalam kategori hasil rendah) dengan presentase siswa yang memperoleh nilai diatas KKM adalah 54%. Pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 72.00 (dalam kategori cukup tinggi) dengan presentase siswa yang memperoleh nilai diatas KKM adalah 75%. Pada siklus III nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 74.00 (dalam kategori tinggi) dengan presentase siswa yang memperoleh nilai diatas KKM adalah 96%. Dengan demikian, pembelajaran matematika dengan penerapan metode diskusi kelompok dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 03 Kalijirak Tasikmadu Karanganyar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran, meningkatkan, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Aug 2011 04:38
Last Modified: 10 Aug 2011 04:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13964

Actions (login required)

View Item View Item