PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SDN TEPISARI 01 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011

Dewi,, Riris Satri Rositha (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SDN TEPISARI 01 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (165kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar dalam pembelajaran IPS melalui strategi pembelajaran aktif tipe Team Quiz. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas V SDN Tepisari 01 yang berjumlah 25 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif interaktif dengan langkah-langkah: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS pada pokok Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari 1) antusias siswa dalam mendengarkan presentasi siswa lain sebelum tindakan sebesar 60 %, di akhir siklus mencapai 91,67 %, 2) bertanya pada guru atau siswa lain sebelum tindakan sebesar 44 % di akhir siklus mencapai 95,8 %, serta 3) menjawab pertanyaan dari siswa lain sebelum diadakan tindakan sebesar 52 %, pada akhir siklus mencapai 91,67 %. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar siswa. Sebelum diberikan tindakan kelas, hasil belajar siswa hanya mencapai daya serap 56 %, sedangkan di akhir tindakan hasil belajar siswa mencapai daya serap 95,8%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran aktif tipe Team Quiz dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan motivasi siswa sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi, pembelajaran, team quiz.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 09 Aug 2011 09:42
Last Modified: 09 Aug 2011 09:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13956

Actions (login required)

View Item View Item