PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI PADA MATERI KINCIR ANGIN SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS III SD NEGERI JURANGJERO 3 SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Purwaningsih,, Endang Okta (2011) PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI PADA MATERI KINCIR ANGIN SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS III SD NEGERI JURANGJERO 3 SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (77kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (661kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan rumusan masalah yaitu: Apakah dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi kincir angin sederhana pada siswa kelas III SD Negeri Jurangjero 3 Sragen tahun pelajaran 2010/2011. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi kincir angin sederhana pada siswa kelas III SD Negeri Jurangjero 3 Sragen tahun pelajaran 2010/2011. Data penelitian ini untuk menginformasikan bahwa ada peningkatan hasil belajar IPA bagi siswa kelas III dengan penggunaan metode demonstrasi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam mengadakan evaluasi penelitian yaitu lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data dengan menggunakan Analysis Interactive Model dari Miles dan Huberman (1992: 20) yang meliputi tahap penggumpulan data, pengelompokan menurut variabel,reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dari prasiklus sampai siklus ke-dua menunjukkan siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebesar 22,73%, siklus I sebesar 40,91%, siklus II sebesar 90,91%. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi kincir angin sederhana siswa kelas III SD Negeri Jurangjero 3 Sragen tahun pelajaran 2010/2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode demonstrasi, Hasil belajar siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 09 Aug 2011 09:16
Last Modified: 09 Aug 2011 09:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13954

Actions (login required)

View Item View Item