MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN VOLUME KUBUS DAN BALOK MELALUI PENDEKATAN BELAJAR TUNTAS (Mastery Learning) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI I PULE TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Susanti, Dwi (2011) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN VOLUME KUBUS DAN BALOK MELALUI PENDEKATAN BELAJAR TUNTAS (Mastery Learning) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI I PULE TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (129kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (64kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (40kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (706kB)

Abstract

Tujuan penelitian (1) mendiskripsikan proses pembelajaran matematika di SD Negeri I Pule pada siswa kelas V melalui pendekatan tuntas dan (2) meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri I Pule melalui pendekatan belajar tuntas. Jenis penelitian PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri I Pule, yang berjumlah 17 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa yang dilihat dari indikator banyaknya siswa: a) menjawab pertanyaan sebelum tindakan 17,6% meningkat menjadi 47% pada akhir tindakan, b) aktif bertanya sebelum tindakan 23,5% meningkat menjadi 70,05% pada akhir tindakan, c) menanggapi pendapat teman sebelum tindakan 23,5% meningkat menjadi 64,7% pada akhir tindakan, d) peningkatan nilai ketuntasan KKM lebih dari sama dengan 60 sebelum tindakan 29,4% meningkat menjadi 82,3% pada akhir tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan pendekatan belajar tuntas (Mastery Learning) dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, pendekatan belajar tuntas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 5 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2011 08:27
Last Modified: 09 Aug 2011 08:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13945

Actions (login required)

View Item View Item