STUDI KORELASI ANTARA STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DENGAN MINAT MENYEKOLAHKAN ANAK DALAM JENJANG PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DI SD 03 NGARGOYOSO, KECAMATAN NGARGOYOSO, KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2010/2011

SETIAWAN, EKA FREDY (2011) STUDI KORELASI ANTARA STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DENGAN MINAT MENYEKOLAHKAN ANAK DALAM JENJANG PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DI SD 03 NGARGOYOSO, KECAMATAN NGARGOYOSO, KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (305kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (47kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Keluarga mempunyai peranan yang sangat penting dalam pengembangan diri seseorang dan perlu diketahui bahwa perbedaan keadaan sosial ekonomi orang tua akan berpengaruh terhadap perkembangan seseorang. Berdasarkan pandangan umum mengatakan bahwa status sosial ekonomi orang tua akan berpengaruh terhadap kesempatan kepada anak dalam perkembangannya. Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui ada tidaknya korelasi antara status sosial ekonomi orang tua dengan minat menyekolahkan anak dalam jenjang pendidikan Sekolah Dasar di SD 03 Ngargoyoso, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar tahun 2010/2011. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan variabel status sosial ekonomi orang tua (X) sebagai variabel bebas dan minat menyekolahkan anak (Y) sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data dengan dokumentasi dan angket. Dokumentasi untuk mengumpulkan data tentang gambaran umum obyek penelitian. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data tentang status sosial ekonomi orang tua dan minat menyekolahkan anak. Adapun analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment (rxy). Berdasarkan perhitungan diketahui bahwa nilai rxy = 0,629, hasil ini kemudian dibandingkan dengan nilai rtabel dimana N = 32 didapatkan rtabel sebesar 0,349, oleh karena nilai rhitung > rtabel atau 0,629 > 0,349, berarti terdapat hubungan antara X (status sosial ekonomi orang tua) dengan minat menyekolahkan anak dalam jenjang pendidikan Sekolah Dasar (Y) di SD Negeri 03 Ngargoyoso, Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar Tahun 2010/2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Status ekonomi, minat menyekolahkan anak.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 09 Aug 2011 07:07
Last Modified: 09 Aug 2011 07:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13944

Actions (login required)

View Item View Item