PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE DEMONSTRASI DENGAN PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR PADA PELAJARAN MATEMATIKA MURID KELAS V SD NEGERI MAKAM HAJI 03 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

RIYATININGSIH, DWI (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE DEMONSTRASI DENGAN PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR PADA PELAJARAN MATEMATIKA MURID KELAS V SD NEGERI MAKAM HAJI 03 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (104kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf

Download (44kB)
[img] PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (666kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran matematika melalui metode demonstrasi dengan pemanfaatan media gambar. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD N Makamhaji 03 Surakarta yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan bangun datar. Hal ini dapat dilihat dari 1) memperhatikan penjelasan guru sebelum diadakan tindakan sebesar 24,24 %, di akhir siklus mencapai 93,93 %, 2) bertanya sebelum diadakan tindakan sebesar 15,15 % di akhir siklus mencapai 90,90 %, serta 3) yang bisa mengerjakan soal sebelum diadakan tindakan sebesar 36,36 %, pada di akhir siklus mencapai 93,93 %. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar siswa. Sebelum diberikan tindakan kelas, hasil belajar siswa mencapai daya serap 48,48 %, sedangkan di akhir tindakan hasil belajar siswa mencapai daya serap 93,93 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa melalui metode demonstrasi dengan pemanfaatan media gambar dalam pembelajaran Matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, metode demonstrasi dengan pemanfaatan media gambar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 09 Aug 2011 06:56
Last Modified: 09 Aug 2011 06:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13943

Actions (login required)

View Item View Item