KOMPETENSI DAN PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM UPAYA MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DI SD NEGERI PUCANGAN 03 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011

AUTANTIKA, NOVERAWATI (2011) KOMPETENSI DAN PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM UPAYA MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DI SD NEGERI PUCANGAN 03 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (77kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf

Download (49kB)
[img] PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan kompetensi yang dimiliki oleh guru BK; 2) Untuk mendeskripsikan peran guru BK; 3) Untuk mandeskripsikan upaya yang digunakan oleh guru BK dalam menanggulangi kesulitan belajar siswa di SD Negeri Pucangan 03 Kartasura. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan deskritif kualitatif, dan dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan beberapa metode yaitu observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Dalam melakukan analisis data, penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif, yaitu data yang digambarkan dengan kata-kata atau kalimat yang dipisah-pisahkan menurut kategori untuk memperoleh kesimpulan dengan tiga langkah: (a) reduksi data (data reduction), (b) penyajian data (data display), (c) penarikan kesimpulan (verification) yang ketiga langkah tersebut bersifat interaktif. Berdasarkan data yang terkumpul, kemudian dideskipsikan dan dianalisis, penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa : Guru bimbingan dan konseling SD Negeri Pucangan 03 Kartasura telah berperan sesuai dengan kompetensinya dalam bimbingan dan konseling. Keberadaan guru bimbingan dan konseling melalui serangkaian kegiatan bimbingan yang diselenggarakan telah berhasil dalam rangka bimbingan dan konseling, adapun kegiatan tersebut yaitu layanan orientasi, layanan bimbingan belajar, layanan informasi, layanan bimbingan dan konseling kelompok, layanan konseling perorangan. Faktor pendukung terselenggaranya semua kegiatan adalah dukungan dan berperannya seluruh elemen sekolah yang mendukung program-program yang dilaksanakan oleh sekolah terutama program bimbingan dan konseling.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A510/2011-20
Uncontrolled Keywords: kompetensi, peran, kesulitan belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 09 Aug 2011 06:25
Last Modified: 31 Oct 2011 05:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13941

Actions (login required)

View Item View Item