PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS DALAM MATERI POKOK PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAH MELALUI METODE TEAM QUIZ PADA SISWA KELAS V SD NEGERI GEDANGALAS 1 TAHUN PELAJARAN 2010/2011 (Penelitian Tindakan Kelas)

MEILAN, ANDIS (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS DALAM MATERI POKOK PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAH MELALUI METODE TEAM QUIZ PADA SISWA KELAS V SD NEGERI GEDANGALAS 1 TAHUN PELAJARAN 2010/2011 (Penelitian Tindakan Kelas). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (149kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (40kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (738kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran team quiz terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS pada materi pokok perjuangan melawan penjajah Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Gedangalas 1. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi dan validitas isi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan pengumpulan data sebagai suatu proses siklus . Dari hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas V melalui metode team quiz terbukti siswa yang mendapatkan nilai free test diatas 70 sebanyak 5 siswa sekitar 27,77 %. Setelah melaksanakan siklus I hasil yang mendapatkan nilai diatas 70 sebanyak 11 siswa sekitar 61,11 % (mengalami peningkatan sebesar 33,34 %). Pada siklus II yang mendapat nilai 70 sebanyak 17 siswa hasil belajar yang dicapai sebesar 94,44% (mengalami peningkatan sebesar 33,33 %). Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran team quiz dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: team quiz, hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 09 Aug 2011 06:07
Last Modified: 09 Aug 2011 06:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13939

Actions (login required)

View Item View Item