PENGGUNAAN MEDIA SEMPOA UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PERKALIAN BILANGAN 2 ANGKA PADA SISWA KELAS II SDN 02 HARJOWINANGUN, GODONG, GROBOGAN TAHUN AJARAN 2010/2011

PANDHAN, JOKO (2011) PENGGUNAAN MEDIA SEMPOA UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PERKALIAN BILANGAN 2 ANGKA PADA SISWA KELAS II SDN 02 HARJOWINANGUN, GODONG, GROBOGAN TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1_HALAMAN_DEPAN_.pdf

Download (147kB)
[img] PDF (Bab I)
2_BAB_I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (Bab IV)
5_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (Bab II)
3_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] PDF (Bab III)
4_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (Bab V)
6_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
8_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB)

Abstract

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah dengan penggunaan Media Sempoa dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika perihal materi perkalian bilangan dua angka pada siswa kelas II SDN 02 Harjowinangun, Godong, Grobogan tahun ajaran 2010/2011. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, dokumentasi, dan tes. Prosedur dalam Penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan dua kali siklus yang bertujuan untuk memperoleh data peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah penggunaan Media Sempoa dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika perihal materi perkalian bilangan dua angka pada siswa kelas II SDN 02 Harjowinangun, Godong, Grobogan tahun ajaran 2010/2011. Dari siklus yang dilakukan dihasilkan peningkatan hasil belajar siswa yang baik. Hal ini ditunjukkan pada penilaian aspek kognitif yang dapat dilihat dari nilai ulangan siswa disetiap siklus. Dalam pra tindakan mempunyai nilai hasil ulangan 75% dengan 15 siswa yang berhasil dan 5 siswa yang belum berhasil, siklus putaran I 90% dengan 18 anak yang berhasil dan 2 anak yang belum berhasil, sedangkan siklus II adalah 95% dengan 19 anak yang berhasil dan 1 anak yang belum berhasil. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan kelas ini, hipotesis yang menyatakan “Melalui Alat Sempoa Terhadap Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Perkalian Bilangan Dua Angka Pada Siswa Kelas II SDN 02 Harjowinangun, Godong, Grobogan Tahun Ajaran 2010/2011 Dapat Meningkat”.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, penggunaan media alat sempoa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 09 Aug 2011 05:36
Last Modified: 09 Aug 2011 05:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13937

Actions (login required)

View Item View Item