PENINGKATAN R RESPON SISWA D DALAM PE EMBELA AJARAN TEMATIK MELA KA ALUI MEETODE MO MONTESSO ORI MAT ( PTK di Kelas VIII SMP Neg 4 Moj K I geri josongo )

Winarsih, Winarsih (2011) PENINGKATAN R RESPON SISWA D DALAM PE EMBELA AJARAN TEMATIK MELA KA ALUI MEETODE MO MONTESSO ORI MAT ( PTK di Kelas VIII SMP Neg 4 Moj K I geri josongo ). Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02_Halaman_Depan.pdf

Download (101kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
03_BAB_I.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB)
[img] PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08_daftar_pustaka.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Lampiran)
09_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Full Text)
10_TOTAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan respon belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode Montessori. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika, dan kepala sekolah SMP Negeri 4 Mojosongo. Sebagai subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII B yang berjumlah 32 siswa, dan subjek pelaksanaan tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VIII B. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Data dianalisis secara diskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: 1) Siswa menanyakan materi yang belum jelas sebelum tindakan 21,9% menjadi 46,9% pada akhir tindakan; 2) Siswa yang menyampaikan ide atau gagasan sebelum tindakan 34,4% menjadi 37,5% pada akhir tindakan; 3) Siswa berani aktif didepan kelas sebelum tindakan 28,1% menjadi 40,7% pada akhir tindakan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan metode Montessori dapat meningkatkan respon belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Respon belajar, Montessori
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 09 Aug 2011 02:59
Last Modified: 09 Aug 2011 02:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13931

Actions (login required)

View Item View Item