IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASISSTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERBANTU MEDIA POWER POINT DAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTU ALAT PERAGA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA (Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Surakarta)

MUSDANSI, DWI PUTRI (2011) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASISSTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERBANTU MEDIA POWER POINT DAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTU ALAT PERAGA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA (Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Surakarta). Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (96kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (61kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (927kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, (1) Perbedaan prestasi belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Berbantu Power Point dan Inkuiri Terbimbing berbantu alat peraga, (2) Perbedaan prestasi belajar matematika ditinjau dari kemampuan awal siswa, (3) interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal siswa tehadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Surakarta. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 70 siswa, yang terdiri dari 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan 34 siswa sebagai kelas kontrol. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelum dilakukan analisis data, dilakukan uji prasyarat analisis dengan metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode Bartlett untuk uji homogenitas. Sebagai tindak lanjut dari analisis variansi dilakukan uji Scheffe. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% disimpulkan bahwa: (1) Tidak ada perbedaan efek antara model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berbantu Power Point dan inkuiri terbimbing berbantu alat peraga terhadap prestasi siswa, dengan nilai Fa = 0.504727, (2) ada perbedaan prestasi belajar yang signifikan jika ditinjau dari Kemampuan awal siswa, dengan nilai Fb = 16.53773, (3) tidak ada interaksi penggunaan model pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan nilai Fab = 2.893016.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Kemampuan awal, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 08 Aug 2011 10:44
Last Modified: 08 Aug 2011 10:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13929

Actions (login required)

View Item View Item