PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWER DENGAN MEDIA POWERPOINT (PTK Terhadap Siswa Kelas VIIA SMP Muhammadiyah 2 Surakarta)

HIDAYAT, SYAH AGUNG PRAYOGA (2011) PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWER DENGAN MEDIA POWERPOINT (PTK Terhadap Siswa Kelas VIIA SMP Muhammadiyah 2 Surakarta). Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (275kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
03._BAB_I.pdf

Download (49kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (55kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui metode pembelajaran Giving Questions and Getting Answer dengan media powerpoint. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 2 Surakarta yang berjumlah 34 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif melalui metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa pada materi Segi Empat (persegi panjang dan persegi) melalui metode pembelajaran Giving Questions and Getting Answer dengan media powerpoint. Hal ini dapat dilihat dari : 1) banyaknya siswa yang mencatat sebelum tindakan sebanyak 19 siswa (55,8%), di akhir tindakan menjadi 29 siswa (85,3%), 2) siswa yang mempresentasikan hasil pekerjaannya (diskusinya) sebelum tindakan sebanyak 6 siswa (17,6%), di akhir tindakan naik menjadi 23 siswa (66,7%), dan 3) siswa yang mengerjakan pekerjaan rumah sebelum tindakan sebanyak 16 siswa (47,1%), di akhir tindakan naik menjadi 31 siswa (91,2%). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Giving Questions and Getting Answer dengan media powerpoint dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Giving_Questions_and_Getting_Answer, keaktifan_belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 08 Aug 2011 10:06
Last Modified: 08 Aug 2011 10:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13922

Actions (login required)

View Item View Item