PENINGKATAN KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA KUBUS DAN BALOK MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KEPALA BERNOMOR TERSTRUKTUR DENGAN MENGOPTIMALKAN BARANG BEKAS SEBAGAI ALAT PERAGA (PTK Pada Siswa Kelas VIII SMP N 1 Ngrampal Sragen Tahun 2009/ 2010)

WAHYUDYATI, EMA TRI (2011) PENINGKATAN KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA KUBUS DAN BALOK MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KEPALA BERNOMOR TERSTRUKTUR DENGAN MENGOPTIMALKAN BARANG BEKAS SEBAGAI ALAT PERAGA (PTK Pada Siswa Kelas VIII SMP N 1 Ngrampal Sragen Tahun 2009/ 2010). Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (196kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (45kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan mendeskripsikan peningkatan kreativitas siswa setelah dilaksanakannya pembelajaran melalui strategi Kepala Bernomor Terstruktur (KBT) dengan mengoptimalkan barang bekas sebagai alat peraga. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan desain penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII C SMP N 1 Ngrampal Sragen yang berjumlah 34 siswa dan subyek pelaksana tindakan adalah guru matematika bersama peneliti. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah ada peningkatan kreativitas belajar matematika yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator kreativitas belajar matematika meliputi: 1) banyaknya siswa yang antusias dalam mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 39,39 % dan di akhir tindakan 88, 23 %, 2) siswa yang menemukan cara lain dalam menyelesaikan masalah sebelum tindakan 27. 27 % dan di akhir tindakan 79,41 %, 3) siswa yang memberikan tanggapan tentang jawaban siswa lain sebelum tindakan 42. 42 % dan di akhir tindakan 85. 29 %. Penelitian ini menyimpulkan adanya peningkatan kreativitas belajar matematika kubus dan balok melalui strategi pembelajaran Kepala Bernomor Terstruktur dengan mengoptimalkan barang bekas sebagai alat peraga .

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kreativitas, alat peraga, barang bekas, Kepala Bernomor Terstruktur
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 08 Aug 2011 09:40
Last Modified: 08 Aug 2011 09:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13917

Actions (login required)

View Item View Item