UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE PEER LESSON (PTK Pada Kelas VII Semester Genap di SMP Muhammadiyah 2 Masaran)

APRIYANI, ANGGA (2011) UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE PEER LESSON (PTK Pada Kelas VII Semester Genap di SMP Muhammadiyah 2 Masaran). Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (198kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
03._BAB_I.pdf

Download (253kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (479kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (197kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (979kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan pemahaman konsep belajar siswa dalam pembelajaraan matematika melalui metode pembelajaran Peer Lesson pada pokok bahasan Himpunan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIH SMP Muhammadiyah 2 Masaran yang berjumlah 40 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah guru matematika bersama peneliti. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan pemahaman konsep belajar matematika melalui metode Peer Lesson. Peningkatan keaktifan belajar siswa dapat dilihat dari : 1) Perhatian siswa terhadap penjelasan guru sebelum diadakan tindakan sebesar 30%, di akhir tindakan mencapai 90%. 2) Keberanian siswa mengerjakan soal di depan kelas sebelum diadakan tindakan sebesar 22,5%, di akhir tindakan mencapai 82,5%. 3) Respon siswa dalam mengemukakan pendapat atau ide sebelum diadakan tindakan sebesar 27,5%, di akhir tindakan mencapai 87,5%. 4) Keinginan atau kemauan siswa untuk bertanya jika kurang jelas sebelum diadakan tindakan sebesar 25%, di akhir tindakan mencapai 85%. Peningkatan pemahaman konsep belajar siswa dapat dilihat dari : 1) Kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan sebelum tindakan sebesar 10%, di akhir tindakan mencapai 87,5%. 2) Kemampuan siswa menerapkan konsep sebelum tindakan sebesar 20%, di akhir tindakan mencapai 90%. 3) Kemampuan siswa memberi tanggapan sebelum tindakan sebesar 15%, di akhir tindakan mencapai 85%. 4) Kemampuan siswa membuat kesimpulan sebelum tindakan sebesar 22,5%, di akhir tindakan mencapai 92,5%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode Peer Lesson dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan Himpunan dapat meningkatkan keaktifan dan pemahaman konsep belajar siswa

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peer Lesson, keaktifan, pemahaman konsep.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 08 Aug 2011 09:06
Last Modified: 08 Aug 2011 09:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13911

Actions (login required)

View Item View Item