PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE VAN HIELE DAN SNOWBALL THROWING SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 COLOMADU

ARIFIN, ARIFIN (2011) PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE VAN HIELE DAN SNOWBALL THROWING SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 COLOMADU. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
cover.pdf

Download (101kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan peningkatan keaktifan siswa pada pokok bahasan kubus dan balok dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Van Hiele dan Snowball Throwing. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan design PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIIF SMP Negeri 3 Colomadu berjumlah 35 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif dengan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan kubus dan balok. Hal ini dapat dilihat dari 1) keberanian siswa dalam mengajukan pertanyaan sebelum diadakan tindakan sebesar 2,9 %, pada putaran I sebesar 2,9 %, pada putaran II sebesar 5,7 %, di akhir putaran mencapai 14,3 %, 2) mengerjakan soal di depan kelas sebelum diadakan tindakan sebesar 8,6 %, pada putaran I sebesar 11,4 %, pada putaran II sebesar 17,1 %, di akhir putaran mencapai 28,6 %, 3) mengemukakan ide sebelum diadakan tindakan sebesar 2,9 %, pada putaran I sebesar 2,9 %, pada putaran II sebesar 8,6 %, di akhir putaran mencapai 11,4 %, serta 4) menjawab pertanyan sebelum putaran diadakan sebesar 5,7 %, pada putaran I sebesar 8,6 %, pada putaran II sebesar 22,9 %, di akhir putaran 34,3 %. Peneliti menyimpulkan bahwa model pembelajaran Van Hiele dan Snowball Throwing dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan siswa, meliputi : 1) keberanian siswa dalam mengajukan pertanyaan, 2) mengerjakan soal di depan kelas, 3) mengemukakan ide, 4) menjawab pertanyan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan, Van Hiele,Snowball Throwing.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Aug 2011 07:07
Last Modified: 08 Aug 2011 07:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13908

Actions (login required)

View Item View Item