IMPLEMENTASI METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN KELILING DAN LUAS SEGI EMPAT DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL ( Pada Kelas VII Semester II SMP Negeri 4 Mojosongo )

ARIYANI, EKO ENDI (2011) IMPLEMENTASI METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN KELILING DAN LUAS SEGI EMPAT DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL ( Pada Kelas VII Semester II SMP Negeri 4 Mojosongo ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (161kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (58kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah mendiskripsikan dan menganalisis: (1) Perbedaan penggunaan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Team Assisted Individualization (TAI) terhadap prestasi belajar siswa., (2) Perbedaan prestasi belajar siswa ditinju dari kemampuan awal, (3) Adanya interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan awal terhadap prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII Semester II SMP N 4 Mojosongo tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 6 kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VII E sebagai kelas eksperimen yang dikenai metode Problem Based Learning (PBL) dan kelas VII F sebagai kelas kontrol yang dikenai metode Team Assisted Individualization (TAI). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode dokumentasi sebagai metode bantu. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode Bartlett untuk uji homogenitas. Sebagai tindak lanjut dari analisis variansi dilakukan uji pasca anava dengan metode Scheffe. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% diperoleh hasil: (1) Ada perbedaan efek penggunaan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Team Assisted Individualization (TAI) terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fa=5,652 (2) Ada perbedaan prestasi belajar matematika ditinjau dari kemampuan awal siswa, dengan Fb=22,027 (3) Tidak ada interaksi antara penggunaan metode pembelajaran dan kemampuan awal terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fab=2,188. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar ditinjau dari metode pembebelajaran dan kemampuan awal siswa, sedangkan interaksi antara metode pembelajaran dengan kemampuan awal tidak memberikan dampak yang berarti pada prestasi belajar khususnya pada sub pokok bahasan keliling dan luas persegi panjang dan persegi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Team Assisted Individualization, kemampuan awal
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Aug 2011 06:17
Last Modified: 08 Aug 2011 06:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13904

Actions (login required)

View Item View Item