IMPLEMENTASI PERAN BADAN PERMUSYAWARATAN DESA (BPD) DALAM PEMBERDAYAAN PEMERINTAHAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA DI DESA MOJORENO KECAMATAN SIDOHARJO KABUPATEN WONOGIRI

Wibowo, Guntur (2008) IMPLEMENTASI PERAN BADAN PERMUSYAWARATAN DESA (BPD) DALAM PEMBERDAYAAN PEMERINTAHAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA DI DESA MOJORENO KECAMATAN SIDOHARJO KABUPATEN WONOGIRI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A220040003.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Peran Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam Pemberdayaan Pemerintahan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Di Desa Mojoreno Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Wonogiri. Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Strategi penelitian ini adalah studi kasus tunggal terpancang dengan populasinya adalah Anggota BPD di Desa Mojoreno Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Wonogiri. Dalam pengumpulan data digunakan metode wawancara, observasi dan metode dokumentasi. Untuk menguji validitas dan reliabilitas data dengan cara data triangulation dan informan review. Sedangkan dalam menganalisis data digunakan interaktif model of analysis (model analisis interaktif). Hasil analisis data menghasilkan Peran BPD dalam meningkatkan pemberdayaan pemerintahan desa, BPD mempunyai peran yang penting, yaitu: a) Memberikan masukkan kepada pemerintah desa mengenai hal-hal yang perlu untuk ditetapkan menjadi suatu program kerja demi kemajuan desa; b) Berkoordinasi dengan pemerintah desa mengenai masalah yang berkembang di masyarakat dan instruksi dari institusi yang lebih tinggi; c) Menetapkan program kerja pemerintahan desa. Sedangkan peran BPD dalam meningkatkan pemberdayaan pemerintahan desa, BPD mempunyai peran yang penting, yaitu: a) Menstimuli masyarakat untuk mendukung suatu program kerja yang telah disusun oleh BPD bersama dengan Pemerintah desa; b) Mengadakan pembinaan terhadap jalannya program kerja; c) BPD mengadakan evaluasi terhadap jalannya program dengan mengadakan pengawasan dan pengamatan secara langsung di lapangan atau berdasarkan laporan pertanggung jawaban dari ketua yang ditunjuk bertanggung jawab tehadap jalannya program tersebut. Pemberdayaan pemerintah desa dan masyarakat desa memerlukan koordinasi dari segenap elemen yang ada di desa Mojoreno, agar dicapai kemajuan desa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: BPD, Pemberdayaan Pemerintahan Desa, Pemberdayaan Masyarakat Desa
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Jul 2008 06:30
Last Modified: 01 Feb 2011 05:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/139

Actions (login required)

View Item View Item