PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PEMBELAJARAN AKTIF TIPE HOLLYWOOD SQUARES REVIEW (PTK pada Siswa Kelas VIII SMP N I Lasem Tahun Ajaran 2010/2011)

Adibah, Liya Tsaniya Farah (2011) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PEMBELAJARAN AKTIF TIPE HOLLYWOOD SQUARES REVIEW (PTK pada Siswa Kelas VIII SMP N I Lasem Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Cover___Halaman_Depan.pdf

Download (131kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (59kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar matematika melalui strategi pembelajaran aktif tipe Hollywood Squares Review. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru matematika sebagai pelaku tindakan kelas. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII E SMP N I Lasem yang berjumlah 36 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, metode dokumentasi, metode catatan lapangan, dan metode tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian diperoleh: 1) Banyaknya siswa yang bertanya bila belum jelas sebelum diadakan tindakan sebesar 10,7%, di akhir tindakan menjadi 61,11%. 2) Siswa yang memperhatikan selama proses pembelajaran sebelum diadakan tindakan sebesar 50%, di akhir tindakan menjadi 91,67%. 3) Siswa yang mampu mengerjakan soal sebelum diadakannya tindakan sebesar 13,89%,di akhir tindakan menjadi 77,78%. 4) Siswa yang menjawab/menanggapi pertanyaan sebelum diadakan tindakan sebesar 27,78%, di akhir tindakan menjadi 72,22%. Kesimpulan penelitian ini adalah motivasi belajar matematika dapat ditingkatkan dengan pembelajaran aktif tipe Hollywood Squares Review.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A410/2011-35
Uncontrolled Keywords: Hollywood Squares Review, motivasi belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Aug 2011 05:48
Last Modified: 18 Nov 2019 06:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13898

Actions (login required)

View Item View Item